Rabu, 04 Juli 2012

Menggunakan kartu ATM dengan aman


Sekarang kartu ATM bukanlah hal yang asing bagi kita, hampir dari kita yang mempunyai rekening di Bank pasti punya kartu ATM. Tetapi walaupun kita mengetahui kegunaan kartu ATM, tidak sedikit dari kita yang belum mengetahui bagaimana menggunakan kartu atm dengan baik, sehingga dana kita tetap aman di bank
  1. Kartu ATM selain digunakan untuk bertransaksi si mesin ATM juga dapat digunakan untuk pembayaran pada mesin EDC/Merchant pada pertokoan-pertokoan.
  2. Simpan kartu ATM anda dengan baik agar kartu anda tidak patah atau rusak pada bagian magnetiknya.
  3. Gunakan mesin ATM sesuai dengan bank masing-masing agar tidak terkena biaya, tetapi ada juga bank yang tidak mengenakan biaya apabila menggunakan ATM BERSAMA. Apabila mendesak dapat menggunakan mesin ATM bank lain, tetapi pilih jaringan yang paling murah biayanya (misalnya ATM BERSAMA).
  4. Sebelum menggunakan Mesin ATM, pastikan tidak ada hal-hal yang aneh pada mesin tersebut, misalnya ada benda-benda yang menempel di bagian tempat memasukan kartu, hal ini agar kita terhindar dari jebakan yang dipasang oleh orang jahat.
  5. Sembunyikan pin anda saat memasukan pin, jangan pernah memberitahu pin anda kepada siapapun dengan alasan apapun, dalam hal blokir kartu ATM-pun tidak memerlukan nomor pin anda.
  6. Pada saat transaksi di Mesin ATM hindari penggunaan telpon terlebih dahulu, agar anda konsentrasi pada saat transaksi.
  7. Apabila anda menggunakan menu pengambilan cepat umumnya kartu ATM akan keluar lebih dahulu baru uangnya.
  8. Pastikan anda telah mengambil kartu ATM dan uang anda sebelum meninggalkan ATM.
  9. Apabila kartu anda secara tidak sengaja tertelan di mesin ATM/kehilangan dompet dll, segera blokir kartu anda agar aman, karena kartu ATM dapat digunakan pada mesin-mesin EDC/Merchant sebagai alat pembayaran. Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan sebaiknya diblokir saja.
  10. Ingat nomor call center bank anda, biasanya tertera pada kartu ATM anda, hati-hati terhadap call center paslsu, makanya anda harus benar-benar tahu nomor call center bank anda.
  11. Hati-hati dengan orang yang membantu anda apabila kartu anda tertelan, dengan membantu menghubungi call center.
  12. ketahui ID ATM (Nama ATM, biasanya tertera pada kertas resi) apabila anda ingin menghubungi call center apabila ingin komplain terhadap masalah yang anda alami.

Demikian, kalo ada yang punya pengalaman share ya, agar bermanfaat bagi yang lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar