Senin, 08 Juli 2019

Sabut kelapa

Sewaktu di sekolah dasar pasti pernah mendengar pohon yang mempunyai banyak manfaat, yang setiap bagian pohonnya dapat dimanfaatkan, ya betul pohon itu adalah pohon kelapa. Saya tidak akan membahas manfaat dari bagian-bagian pohon kelapa karena secara langsung saya belum pernah memanfaatkan semua bagian dari pohon kelapa tersebut, di sini saya hanya ingin share mengenai sabut kelapa yang saya gunakan atau manfaatkan dalam kehidupan sehari-hari.




Apa saja yang bisa dimanfaatkan dari sabut kelapa? pastinya banyak yang telah mengetahui manfaat dari sabut kelapa, misal digunakan sebagai bahan kerajinan yang bernilai ekonomis tinggi.

Nah yang ingin saya share adalah memanfaatkan sabut kelapa sebagai spon pencuci piring, bagaimana apa sudah mencobanya?
Menurut saya sangat enak mencuci piring menggunakan sabut kelapa, dibanding menggunakan spon juga, apabila anda beruntung, sabut kelapa bisa kita dapatkan secara cuma-cuma atau gratis. Apabila di sekitar rumah terdapat tukang parut kelapa dengan mesin, kita dapat memanfaatkan sisa dari pengolahan parut kelap tersebut (sabut kelapa) yang biasanya bisa diminta karena tidak dimanfaatkan lagi. Nah dengan memanfaatkan sabut kelapa sebagai spon cuci piring, kita bisa lebih ekonomis dan juga menurut saya lebih ramah lingkungan karena memanfaatkan yang sudah tersedia di alam.
Yang kedua saya memanfaatkan sabut kelapa sebagai media tanam hidroponik, biasanya saya menggunakan rockwool untuk media tanam hidroponik, kemudian saya coba saja dengan sabut kelapa, ternyata benih kangkung dapat hidup dengan baik sama seperti dengan menggunakan rockwool. Maka menurut saya ini bisa menjadi alternatif bagi yang mau memulai menanam hidroponik, karena apabila membeli rockwool harganya cukup lumayan juga, tidak bisa dibilang murah. dengan memanfaatkan sabut kelapa, lagi ada nilai ekonomis yang kita dapatkan, tentu saja apabila kita dapat memperoleh sabut kelapa tersebut dengan gratis.
Semoga bermanfaat

.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar